Asal Pulau Timor

Keluarga di Timor Barat

Keluarga di Timor Barat

Dari mana asal nama pulau Timor? Banyak orang berpendapat atau menduga bahwa nama Pulau Timor berasal dari kata bahasa melayu (Indonesia) “timur”. Dahulu di zaman Majpahit, semua pulau di bagian timur Majapahit dinamakan Timor. Rupanya nama ini menjadi dasar bagi pemerintah penjajah belanda untuk membagi kepulauan Sunda kecil ke dalam residen Bali-Lombok dan residen Timor (en Ondehoorigheden: dan daerah taklukannya/bawahannya, dengan ibukotanya Kupang, dan yang wilayahnya meliputi: pulau Rote, Sabu, Sumba, Sumbawa, Flores, Solor, Adonara, Lomblen, Alor, etc.).

Demikian pun rupanya H.J. Grijzen asal Belanda pernah sekali meneliti asal nama pulau Timor terpengaruh dengan pandangan tersebut. Dalam salah satu tulisannya dari tahun 1904 dia menuliskan arti nama “Timor”. Rupanya dia mendengar itu dari pengawalnya yang sangat berorientasi Melayu. Timor berasal dari kata timur (barlawanan dengan barat, sebagai arah mata angin, east, ost), dan memang pulau terbesar dalam kepulauan sunda kecil ini letaknya paling timur dalam barisan kepulauan ini, sehingga dinamakn Timur dan yang kemudian mengalami perubahan bunyi menjadi Timor.

Pada tahun 1937 seorang etnolog belanda membuat satu penelitian di Timor bagian tengah, dan diapun pernah berusaha mencari tahu asal kata TIMOR. Dalam bukunya Ethnographie der Belu in Zentral-Timor dia melukiskan arti kata Timor yang didengarnya sendiri di Belu. (Cat.: pada zaman Portugis pulau Timor dibagi dalam 2 propinsi yakni Serviao dan Belu/Belos). Katas TIMUR dalam bahasa Tetun, bahasa orang Belu (yang sekarang juga menjadi bahasa pergaulan di Timo Leste) berarti, coklat, tapi lebih merunjuk pada warna kulit yang agak kecoklatan). Dulu orang tetun menamakan dirinya sebagai “ema timur” artinya „orang yang berkulit coklat“ untuk membedakan diri dari para pendatang lainnya yakni “ema malae mutin” (orang Portugis-putih) dan „ema sina mutin“ (orang Cina putih). Saat nenek moyang orang Tetun mendarat di pulau baru ini, mereka menamkan daratan itu sebagai “rai timur” artinya tanah orang yang berkulit coklat dan mengklaim itu sebagau tanah milik mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s